Thursday 2 March 2017

Membuat Website E-Commerce

Membuat Website E-Commerce | Mungkin Anda sering mendengar istilah E-Commerce. Ya, e-commerce adalah sebutan bagi toko yang menjual barang atau jasa melalui media internet. Atau dengan kata lain bisa disebut sebagai bisnis online. Website atau situs e-commerce banyak bertebaran didunia maya. Mulai dari yang kecil-kecilan sampai dengan yang berkelas internasional.


Website e-commerce pada prinsipnya sama dengan website-website pada umumnya. Hanya saja pada website e-commerce tersedia fasilitas berbelanja secara online dan kadang juga tersedia payment gateway. Payment gateway adalah link untuk melakukan pembayaran secara online atas pembelian barang atau jasa melalui website e-commerce. Salah satu payment gateway yang terkenal adalah Paypal. Saya akan membahasnya pada tulisan-tulisan berikutnya. Silahkan simak terus artikel saya di www.ayobisnisonline.com


Nah bagaimana cara membuat sebuah website e-commerce? Kalau Anda lihat situs-situs besar seperti EBay.com, amazon.com, semuanya merupakan website e-commerce. Biasanya, jika Anda meminta kepada seorang developer web untuk membuat website e-commerce, Anda akan dikenai biaya yang lumayan tinggi. Hal ini wajar, karena si developer tahu Anda akan menggunakannya untuk kepentingan bisnis.


Tapi jangan khawatir, disini saya akan buka rahasia bagaimana membuat website e-commerce dengan cepat, murah dan oleh Anda sendiri. Tidak perlu developer web, tidak perlu bayar mahal, dan yang jelas, sesuai dengan keinginan Anda. Berikut beberapa syarat yang harus Anda miliki sebelum Anda membangung sebuah website e-commerce:

Pastikan Anda memiliki website sendiri, baik domain maupun hostingPastikan domain dan hosting Anda yang berbayar bukan gratis, karena ada fitur pembuatan website e-commerce di hosting yang berbayarPastikan Anda memiliki user administrator pada domain dan hosting AndaPastikan domain dan hosting Anda sudah tersinkronisasi sehingga nama domain atau website Anda dapat diakses di internet[Optional] Sudah ada data barang atau jasa yang hendak dijual di website e-commerce Anda

Sudahkah Anda memiliki semua syarat tersebut, kalau sudah saya mulai sekarang:





Langkah 1


Login ke account hosting berbayar Anda. Disini hosting saya memakai C-Panel, yakni aplikasi untuk mengatur isi hosting. Kebanyakan hosting di Indonesia menggunakan aplikasi ini, jika hosting tempat Anda berbeda, silahkan hubungi customer service penyedia hosting Anda untuk menanyakan fitur yang sama dengan di C-Panel.


Berikut tampilan C-Panel:


Tampilan homepage dari CPanel terdiri atas dua bagian, pertama frame sebelah kiri yang berisi informasi dan status dari hosting server Anda. Kedua, yang sebelah kanan yang berisi icon-icon fitur yang terdapat pada CPanel.


Dari beberapa fitur CPanel tersebut, ada dua icon yang harus Anda perhatikan untuk membuat website e-commerce. Pertama icon sub-domain dan yang kedua icon Fantastico. Pastikan kedua icon tersebut ada pada icon-icon fitur CPanel Anda.


Nah, jika sudah terdapat dua icon fitur tersebut, berikutnya memasuki langkah kedua.





Langkah 2





Subdomain yakni fasilitas dari CPanel untuk membuat domain dalam domain utama Anda. Biasanya dikenal dengan nama subdomain. Gambar icon subdomain seperti terlihat disamping. Dengan fitur ini Anda dapat membuat nama khusus untuk website e-commerce Anda . Misalkan nama domain Anda adalah ayo http://peluangusahakreatif.com/peluang-usaha-yang-menjanjikan/ .com, website Anda adalah http://www.ayobisnisonline.com. Nah untuk memberi nama khusus, Anda dapat membuat sebuah subdomain dengan nama http://store.ayobisnisonline.com. Nama store.ayobisnisonline.com inilah yang menjadi webcommerce Anda.





Langkah 3


Ternyata tulisan yang saya buat ini panjang juga


Oleh karena tulisan ini masih berlanjut dan masih panjang step by stepnya, maka dengan sangat terpaksa, saya mohon Anda untuk mendownload saja step by step pembuatan bisnis online. File step by step ini dalam format PDF, dan ini gratis untuk Anda. Anda berhak menggandakan, menyebarluaskan, dan menyertakan ebook ini sebagai bonus. Hanya satu syarat, Anda tidak berhak menjual kembali dan apabila menggandakan atau menyebarkan, tidak saya perkenankan untuk mengganti isi dan nama pengarang didalamnya.


Oleh karena link downloadnya sangat panjang,  saya juga lupa-lupa ingat, tapi yang jelas bisa Anda dapatkan melalui form Free Sign Up diatas. Cukup daftarkan nama dan email Anda, maka sistem ayobisnisonline.com akan mengirimkan otomatis link tersebut ke email Anda. Silahkan daftar yah. Selamat menikmati ebook gratis dari saya berikut 2 bonus ebook yang semoga bermanfaat bagi proses pembutan website bisnis online Anda.   Salam sukses selalu.

No comments:

Post a Comment